Thursday, September 3, 2015

Daerahku, Tuban antara Bumi Toak dan Bumi Wali

Daerahku, Tuban antara Bumi Toak dan Bumi Wali


Halo bro!! apa kabar? semoga kabarnya baik ya. Di blog gado-gado ini aku akan ajak kamu semua untuk napak tilas di daerahku yaitu di kabupaten Tuban. Bagi kamu yang belum tahu tentang Tuban mungkin masih awam di telingamu semua.
 Apa itu Tuban? kok namanya unik bangetss ya??

Nih aku ceritain sekilas saja ya. kabupaten Tuban terletak di Jawa Timur. Ada dua versi tentang asal-usul nama Tuban, yang pertama nama Tuban berasal dari kata lakuran watu tiban (batu yang jatuh dari langit) yang katanya sebuah batu pusaka yang dibawa oleh sepasang burung dari Majapahit menuju Demak dan ketika batu tersebut jatuh dan dinamakan Tuban. 


Ada lagi nih bro versi yang kedua nama Tuban berasal dari kata metu banyu. Opo maneh kuwi? yaitu peristiwa ketika Raden Dandang wacana (Gede paparing) bupati Tuban membuka hutan paparing dan anehnya ketika membuka hutan tersebut terdapat aliran air yang sangat deras.


Selain namanya yang unik nih bro ada juga budaya-budayanya yang khas dan merakyat. Ah masak sih bro? iya bro. Kalo boleh jujur di Tuban itu antara kebaikan dan kemaksiatan itu berlomba-lomba. Lhoh kok bisa? iya karena yang pertama Tuban itu disebut 'Bumi Wali'. Kenapa di sebut bumi Wali karena di Tuban itu dulunya banyak para wali yang berdakwah disana. 

Hal itu dibuktikan dengan adanya banyak makam-makam para wali yang ada di pusat kota bahkan di desa-desa. Contohnya makam Sunan Bonang, sunan Geseng, Asmoro Kondhi dan lain-lain yang hampir setiap hari dikunjungi para peziarah.
Tadi kamu katakan di Tuban itu antara kebaikan dan kemaksiatan berlomba-lomba. Terus yang kemaksiaatanya? 
Ya kenapa aku katakan di Tuban itu antara kebaikan dan kemaksiatan itu berlomba-lomba? karena selain budayanya yang religius ternyata ada kebiasaan buruk masyarakat Tuban yaitu minum toak. Apa itu Toak? Toak atau Tuak adalah minuman khas kabupaten Tuban yang terbuat dari sari pohon siwalan yang telah dioplos dengan buah juwet untuk rasa 'sepet' dan dengan sambiloto untuk rasa pahit. Kebanyakan masyarakat Tuban percaya kalau rutin minum tuak secukupnya akan menghindarkan dari penyakit ginjal (belum ada keterangan dari medis).

Daerahku, Tuban antara Bumi Toak dan Bumi Wali

Padahal toak itu termasuk jenis khamer yang memabukkan karena kandungan alkoholnya yang tinggi. Padahal minum khamer itu jelas dilarang oleh agama. Namun tidak semua toak itu memabukkan sih, kalau yang tidak memabukkan namanya Legen. Legen itu mirip toak tapi rasanya manis dan tidak memabukkan.

Itulah sedikit pemaparan tentang daerahku kabupaten Tuban. Semoga tulisan ini bermanfaat bro. Dan jangan sungkan-sungkan untuk datang dan berkunjung di kabupaten Tuban. Terimakasih..... :)


Referensi:
wikipedia.org

Foto:
http://janmatoh.blogspot.com/
http://kota-tuban.blogspot.com/

Tinggalkan komentar anda disini
EmoticonEmoticon