Tuesday, April 15, 2014

Dilarang Membawa HP di Sekolah, Bukan Solusi yang Tepat

Dilarang Membawa HP di Sekolah, Bukan Solusi yang Tepat


Dilarang Membawa HP di Sekolah, Bukan Solusi yang Tepat, ini yang menjadi pokok pembahasan saya dikesempatan kali ini. Kita tahu Handphone yang sering disingkat HP  merupakan trend yang seolah-olah tidak dapat ditinggalkan oleh semua kalangan, khususnya kalangan remaja. Semua remaja sudah dipastikan memiliki HP dari merek yang terkenal hingga HP buatan China (HP ganjel lawang).

 Berbagai cara remaja mampu memanfaatkan HP ketika di rumah maupun di Sekolah. Namun, kali ini saya akan lebih menekankan pembahasan ini di sekolah. Banyak juga sekolah yang melarang siswa/siswi nya untuk membawa HP dengan berbagai alasan, mulai dari Pornografi, karena SMSan saat pelajaran, tidak fokus pelajaran, dan lain sebagainya.

Ada peraturan, pasti ada Pro dan Kontra. Namun, dibalik itu semua sebenarnya para pelajar lebih mengerti pemanfaatan HP, kapan mereka menggunakan, kapan pula mereka mematikan. Jikalau pihak sekolah melarang siswa/siswi nya membawa HP saya kira itu bukan solusi yang tepat. Karena apa? karena HP sangat berguna sekali untuk para pelajar, contohnya jika kita ada perlu atau masalah dengan guru kita bisa menggunakan fasilitas HP untuk berkomunikasi tanpa harus mengobral suara lewat sound sistem yang tentunya sangat mengganggu pembelajaran di kelas yang lain.

Bukan itu saja, fasilitas yang terdapat pada HP juga bisa di manfaatkan untuk membantu proses pembelajaran di kelas, contohnya kita dapat memakai aplikasi kamus bahasa Inggris di HP dengan mudah tanpa harus susah-susah membawa kamus berbuku yang tebal, apalagi sampai 1 Miliyar bahkan sampai 1 Triliun (WOW). Sebenarnya juga banyak sekali fasilitas-fasilitas yang dapat kita manfaatkan dari HP, misalnya saya sering memanfaatkan aplikasi Al-Qur'an untuk HP Android saya, karena selain praktis juga lebih bagus dan lengkap.

 Meskipun pihak sekolah sudah menetapkan peraturan ''DILARANG MEMBAWA HP DI SEKOLAH". Ironis sekali memang, ketika peraturan pelarangan membawa HP di sekolah diberlakukan untuk para pelajar, tetapi biasanya malah gurunya yang asyik main HP apalagi pada waktu pelajaran berlangsung, Ini bukanlah contoh yang baik bagi kita selaku pelajar. Jengkel memang, jika melihat guru-guru kita sedang asyik bermain HP ketika pembelajaran berlangsung, tetapi kok malah kita yang dilarang.

Tetapi peraturan tetaplah peraturan yang harus kita taati, karena kita hidup dan bermukim di Negara Indonesia yang dikenal sebagai Negara hukum yang mempunyai peraturan perundang-undangan sehingga peraturan dan hukum juga merambah di sekolah. Tetapi ada baiknya juga jika sekolah melarang siswa/siswinya untuk membawa HP, tentunya agar siswa/siswinya tidak terlena dalam kewajibanya sebagai pelajar yang tujuannya tidak lain hanyalah untuk belajar dan menimba ilmu, juga dapat menciptakan siswa dan siswinya menjadi pelajar yang berakhlaq dan budi pekerti yang baik.

1 komentar so far

Tinggalkan komentar anda disini
EmoticonEmoticon