Friday, December 23, 2016

6 Tips Ampuh Hemat Uang ala Anak Kost

6 Tips Ampuh Hemat Uang ala Anak Kost


6 Tips Jitu Hemat Uang ala Anak Kost - Hai sob!! kamu anak kost? dan masih bingung bagaimana cara menghemat uang ala anak kost? yaps, sering kali sebagai anak kost kamu dituntut untuk menghemat uang yang diberikan kepadamu. Bagaimana tidak, tiap bulan kamu pasti dapat uang bulanan dari orang tua. Nominalnya pun bervariasi kadang 500 ribu, 800 ribu atau bahkan 1 juta perbulan tergantung keinginan dan kemampuan orang tua mu. Dari situlah kadang kamu dituntut untuk menghabiskannya dalam satu bulan. Syukur-syukur kalau habis dalam satu bulan penuh tapi kalau belum satu bulan udah habis bagaimana? hehehe..

Nah, disinilah saya akan membagikan  6 Tips Jitu Hemat Uang ala Anak Kost, ini berdasarkan pengalaman pribadi saya sebagai anak kost, hehe..

1. Cari kost yang dekat dengan kampus

Bagi kamu yang kuliah, tips yang pertama ini recomended sekali. Kenapa harus cari kost yang dekat dengan kampus? pertama, kamu bisa menghemat uang bensin. Bayangkan jika kostmu jauh, harga per liter Rp. 7.500 belum nanti jika jadwal kuliah kamu Senin sampai jum'at full belum juga nanti dipakai jalan-jalan sama do'i dan lain-lain. hehe..  Kedua, jika kostmu dekat dengan kampus, kamu bisa sesuka hati pergi ke kampus dengan jalan kaki tanpa ribet markir sepeda motor dan peluang untuk telat kuliah pun kecil sob. Jadi, kalau mau berangkat kuliah santai saja, hehe..

Untuk nyari kost khususnya kalau kuliah di Malang, sekarang sudah jamannya teknologi sob. Kalau kamu males keliling-keliling kampung, kamu bisa manfaatkan internet dan browsermu. Ada beberapa jasa cari kost berbasis web salah satunya www.bazarkost.com kamu bisa browsing-browsing disana, mantap bukan? hehe

2. Biasakan minum air putih

Anak kost jika beli makanan di warung dan makan-makanan berat biasaya juga sekalian beli minuman seperti es teh, es jeruk, es degan dan lain-lain. Padahal harga-harga es tersebut biasaya berkisar 2 ribu, 3 ribu sampai 5 ribu sob. Coba bayangkan, kamu makan saja minimal butuh 5 ribu dan minum minimal 2 ribu. Kalau 5 x 30 hari x 3 = 450 ribu, dan untuk minum yang paling murah misalkan es teh Rp. 2 ribu x 30 hari x 3 = 180.000.

Nah, jadi kalau kalian pengen hemat, biasakan minum air putih. Biasaya warung-warung makanan itu menyediakan air putih gratis sob, tinggal minta saja. Lumayan kan bisa hemat uang 180.000 hehe..

3. Jangan sering-sering belanja di minimarket

Biasanya jika kita beli di minimarket, kalau waktu bayar dan ada kembaliannya empat ratus, lima ratus atau seribu biasanya si kasirnya bilang "kembaliannya boleh disumbangkan mas?" Nah, karena mbak kasirnya cantik aduhai hehe.. kamu pasti tidak tega kalau cuma ngambil kembalian tiga ratus atau empat ratus. Tetapi coba kalian bayangkan jika Rp.300 x 30 hari =  Rp. 9.000.  Uang segitu bisa kamu pakai untuk makan dua sampai tiga kali dalam sehari. Bagaimana sob, masih mau sering-sering ke minimarket? hehe

4. Mengambil uang di ATM satu minggu sekali

Kalau kamu mau mengambil uang di ATM usahakan satu minggu sekali sob. Setelah itu ATM mu silahkan disimpan jangan keluarkan lagi supaya tidak tergiur untuk mengambilnya lagi di ATM. Kalau bisa ATM mu titipkan ke temanmu, do'i atau bahkan dosenmu. Dengan begitu kalian tidak akan semana-mena mengambil uangmu lagi. hehe..

Terus misal kamu mau mengambil uang di ATM, kamu juga harus membatasi berapa uang yang kamu ambil. Misalkan uang kiriman kamu perbulan 300 ribu, ya ambil saja per minggunya 50 ribu. Berarti kamu masih bisa menyisakan uang 100 ribu. Hematkan?

5. Buat perhitungan uang belanja

Selain mengatur pengambilan uang, cara ini juga tidak kalah penting sob. Kalau kamu dapat uang kiriman kalau bisa jangan langsung dibelanjakan, tetapi buat perhitungan terlebih dahulu. Perhitungan yang bagaimana? misalnya kamu buat hitung-hitungan makanmu dalam satu bulan. Misalkan makanmu sehari 3 kali dan tiap makan Rp. 8000, berarti 8.000 x 30 = Rp. 240.000. Berarti anggaran untuk makanmu segitu dan yang lain juga buat seperti itu sob. Misal anggaran utuk jajan, iuran, pulsa dan lain-lain.

6. Hidup menjomblo

Ini cara yang sangat spektakuler dan terbukti sangat ampuh untuk menghemat uang kamu selama berada di kost-kostan. hehe.. Karena pengeluaran yang besar biasanya kita keluarkan pada malam minggu. Yups, kalau kamu jomblo, kamu hanya memikirkan nasib kamu sendiri di kost-kostan. Entah kesusahan karena tiap hari makan mie, uang habis, paketan habis dan lain-lain.

Bagaimana jika kamu punya pacar? ya kamu harus memikirkan bagaimana nasib pacarmu. Kadang-kadang belanja untuk kebutuhan satu minggu habis dalam satu malam. Jadi bagi anak kost, usahakan jangan pacaran terlebih dahulu. Apa untungnya berpacaran? apakah hanya ingin mendapat kesenangan? mendapatkan kesenangan bisa di lakukan dengan berbagai cara sob, kamu bisa kumpul sama temanmu, ikut komunitas, organisasi dan lain-lain. Jadi, jomblo itu sangat bermanfaat bagi kamu. wkwkwk..

Nah, itulah 6 Tips ampuh hemat uang ala anak kost. Semoga bermanfaat sobat.!!



1 komentar so far

Tinggalkan komentar anda disini
EmoticonEmoticon