Wednesday, April 16, 2014

Cara Membuat Rumah Sederhana Dari Koran Bekas

Cara Membuat Rumah Sederhana Dari Koran Bekas
Rumah sederhana dari koran bekas


Cara membuat rumah sederhana dari koran bekas sebenarnya sangat mudah sekali, asalkan ada niat dan ketelitian. Saya terinspirasi membuat rumah ini ketika itu saya sedang belajar desain gambar bangunan dengan menggunakan aplikasi AutoCAD 2010,  boleh dibilang ruetnya minta ampun. Sebenarnya saya tidak berpikiran untuk menggunakan koran bekas sebagai bahan utama, tetapi sebenarnya saya lebih memilih bambu sebagai bahan utama untuk saya jadikan praktek desain bangunannya. Berhubung pada waktu itu tidak ada bambu, nah disitulah saya mencoba untuk membuat suatu hal yang baru dengan menggunakan koran bekas. Kenapa menggunakan koran bekas? karena selain hemat uang, koran bekas juga dapat kita manfaatkan untuk membuat kerajinan tangan yang lebih bernilai sehingga koran-koran tersebut tidak terbuang sia-sia. Pembuatannya pun cukup mudah, jika sobat tertarik untuk membuatnya, sobat bisa mengikuti step-stepnya sebagai berikut.

BAHAN-BAHAN YANG DISEDIAKAN

1. Koran Bekas.
2. Lem.
3. Kayu kecil (sodho).
4. Gunting

CARA PEMBUATAN

1. Buatlah skema/sketsa ukuran masing-masing bidang yang akan dibuat. Usahakan masing-masing bidang ukurannya sama, hal ini agar tidak terjadi keganjalan.
2. Setelah dibuat skema/sketsanya, lalu gunting masing-masing koran sesui ukuran yang sudah ditentukan, kemudian linting kertas koran tersebut dengan menggunakan kayu kecil hingga berbentuk bulat panjang. jumlah lintingan tersebut tergantung ukuran rumah yang akan dibuat.
3. Rangkai lintingan-lintingan tersebut hingga terbentuk seperti rumah. Sesuaikan panjang dan lebarnya agar terlihat rapi.
4. Lem lintingan-lintingan yang telah dirangkai tersebut dengan sabar dan hati-hati agar tidak roboh atau rusak.
5. Jika proses pengelemanya telah selesai, biarkan 5 hingga 10 menit untuk mengeringkan lemnya.
6. Buatlah atap rumah dengan bentuk segi empat seperti gambar diatas. kemudian pasang atapnya dengan lem.
7. Terakhir, pastikan semua rangkaian rumahnya sudah kuat.
8. Selesai

Bagaimana mudahkan? Jika masih bingung, sobat bisa meninggalkan komentar dibawah ini.
Semoga bermanfaat.. :)

1 komentar so far

Tinggalkan komentar anda disini
EmoticonEmoticon